You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Legok
Desa Legok

Kec. Cidahu, Kab. Kuningan, Provinsi Jawa Barat

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1444 H, Sambut bulan Ramadhan dengan hati yang dipenuhi kedamaian, harmoni, dan kegembiraan. Semoga berkah ilahi Allah melindungi dan membimbing Kita Semua...Amiin

Sejarah Desa Legok

Wawan Mardiansyah 24 Mei 2019 Dibaca 2.103 Kali
Sejarah Desa Legok

Desa legok adalah sebuah desa yang terletak diantara tinggi dalam wilayah kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan Jawa Barat yang berbataskan dengan tiga desa disekelilingnya yaitu desa Cieurih dari sebelah Barat, dan desa Cikeusik dari sebelah Timur yang digaris oleh Sungai Cisanggarung sebagai ciri dari perbatasan tersebut.

Sejarah Desa Legok menurut cerita para orang tua atau tokoh masyarakat bahwa Desa Legok tadinya berada di Kampung Cibuluh yang merupakan kampung kecil di wilayah Desa Legok yang sampai sekarang kampung tersebut masih ada dan tidak berubah namanya di lingkungan Dusun Manis, dusun yang paling timur di wilayah Desa Legok.

Menurut beberapa sumber  asalmula Desa Legok diambil dari kataLegok yang berarti lubang yang menyerupai sumur. Konon nama tersebut diambil oleh seorang yang bernama Buyut Lancong yang sedang tetirah dihulu Lebak atau Sungai kecil yaitu Lebak Cikaracak yang melihat banyaknya mata air yang keluar dari tanah menyerupai air terjun sehingga batu-batu dan cadas yang ada dibawahnya menjadi berlubang menyerupai sumur padahal batu-batu tersebut tadinya utuh, maka terlintas nama sebuah kampung yang bernama Legok yang diambil dari pribahasa Sunda “Cikaracak ninggang Batu Laun-laun Jadi Legok” yang artinya bahwa bila melakukan sesuatu pekerjaan yang dilakukan dengan ketentuan maka akan membuahkan keberhasilan.

Dari cerita tersebut maka sampai sekarang nama Legok tetap abadi dan Lebak Cikaracak masih ada yang juga sebuah makam tak bernama yang orang desa kami menyebutnya Makam Buyut Lancong.

Desa Legok terdiir dari lima dusun dan 17 RT, sudah beberapa kepala desa yang menjabatnya dimulai sejak pemerintahan Belanda waktu itu yang dimulai dari :

  1. Bapak Wirya Atmaja ( < Tahun>
  2. Bapak Sumiah ( 1920 - 1930 )
  3. Bapak Salim (1930 - 1940 ) 
  4. Bapak Amin ( 1940 - 1950 )
  5. Bapak Sail Selanggayuda ( 1950 - 1965 )
  6. Bapak Walim ( 1965 - 1985 )
  7. Bapak Kasmari ( 1985 - 1990 )
  8. Bapak RS. Hendriyono ( 1990 - 2000 )
  9. Bapak Rukenda ( 2000 - 2007 )
  10. Bapak Ateng yang sekarang masih menjabat. (2007 - Sekarang )

Demikian sejarah singkat Desa legok yang kami dengar dari beberapa keterangan dan beberapa Tokoh Masyarakat.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image